BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Masalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis sehingga Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bukan hanya penguasaan pengetahuan yang berupa fakta – fakta, konsep – konsep, atau prinsip – prinsip saja tetapi juga merupakan proses penemuan .Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari. (Kurikulum, 2006 : 484). Memperhatikan tujuan dan esensi pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebaiknya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mampu mempersiapkan,membina, dan membentuk kemampuan peserta didik yang menguasai pengetahuan,sikap,nilai, dan kecakapan dasar yang dibutuhkan bagi kehidupan di masyarakat.Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam mem